Halaman ini adalah mirror artikel yang pernah ada pada situs NikeArdilla (dot)net.


Nike..The leGeND
22 Mei 2006





[DaRi KaMi]

Hallo Nikemania...
Alhamdulillah,akhirnya setelah menunggu lama,kita bisa menghadirkan kembali artikel tentang Nike Ardilla.Makasih buat Darren yang sudah menyumbangkan artikelnya,dan sangat-sangat terimakasih buat gani yang sudah menyumbang foto- foto Nike Ardilla (ditunggu ja yah,pasti dipajang di situs ini).

Nikemania,akhirnya ada 3 orang nih...yang mau menceritakan pengalamannya tentang sejarah mereka ngefans sama Nike Ardilla.Mau tau sapa aja??? baca aja yah....
Oke dech.....tanpa basa-basi lagi...simak bareng-bareng yuk!!


 

[NIKE ARDILLA, THE LEGEND]




Buat yang tidak hidup dimasa jaya musik pop akhir delapan puluhan, barangkali nama Nike Ardilla cuma diingat sebagai satu dari sejumlah nama penyanyi pop indonesia. tidak lebih. Tapi bagi yang hidup dimasa itu termasuk yang mengikuti musik pop indonesia awal sembilan puluhan, Nike dinilai setara dengan Ella Fitzerald, bagi penyuka Jazz atau marley bagi Reggaeman yang punya lagu kebangsaan Redemption song.

stiker bergambar Nike di angkot, map sekolah hingga bus malam beredar sama banyaknya dengan kaset bajakannya. poster diri yang dijual dipinggir jalan, menjadi andalan pedagang poster dipinggiran pasar Blok M atau Pasar senen hingga cimahi dan Pasir Kaliki, Bandung Kematian nya yang tragis akibat kecelakaan mobil, 19 maret 1995 makin mengukuhkan Nike ardilla sebagai penyanyi pop indonesia legendaris. Butuh bukti? berita kematian Nike menjadi headlines semua media hiburan hampir sebulan penuh. Bahkan mingguan berita yang biasanya memasang foto Soeharto, Bob Hasan atau petinggi negara lainnya, menempatkan duka kematiannya. Selama dua bulan penuh yang melayat ke rumahnya terhitung lebih dari lima ratus ribu orang. Setiap tahun kematiannya diperingati secara seremonial. Baik di rumah maupun di pemakamannya Ciamis. bahkan mobil genio yang membuatnya tewas, yang hancur berantakan, masih laku dijual ke seorang fans beratnya, dengan harga sama tinggi dengan harga mobil baru.

Cerita fantastis Nike juga ada yang terkesan eksploitatif. Misalnya, dua tahun setelah kematiannya keluar album terbaru berupa kompilasi lagu. Juga ditayangkan video klip musik untuk lagunya yang belum sempat diedarkan. Lucu nya, sosok Nike digantikan pemeran pengganti yang bibir dan matanya dimirip-miripkan. yang lebih konyol, album nya tetap meledak, inilah fenomena industri budaya pop kita. seluruh kesan pada diri Nike hadir dimana-mana. sinetron, stiker, poster hingga video klip daur ulang. semuanya diburu, dikonsumsi dan dinikmati sebagaimana sebuah pengalaman khas. Percaya atau tidak, setahun kematiannya, ada yang menyelenggarakan tour ke makam Nike. dan uniknya, peminatnya hingga ratusan orang. orang boleh bilang konyol. Bahkan tak sedikit yang menilai fan Nike itu sebagai mania yang tak jelas juntrungannya.

Namun semuanya tak mampu meredam kecemerlangan gadis sunda ini. Nike Ardilla memang bukti kegemilangan budaya pop Indonesia abad ini. Karirnya memang pendek. namun dengan masa yang pendek ia mampu mewakili ciri industri massa : popular dan hadir disetiap ruang publik. Lihat saja Kios kaset bajakan dikawasan Braga, bandung atau pedagang stiker di blok M. sosok Nike tetap hadir disitu. fenomena seperti ini sering tidak bisa dimengerti orang. Padahal inilah yang disebut akan adanya pahlawan dan idola. ini juga yang terjadi pada John Lennon, Madonna hingga britney spears.


[SeJaRaH NGe-FaNZ SaMa SaNG MeGa BiNTaNG]




Ayoooo....kira-kira masih inget gak awal-awalnya kita ngefans dengan Nike Ardilla??? Nih,temen-temen kita mau berbagi cerita tentang awal-awalnya mereka suka Nike.O iya,malah ada yang ngefans banget sama Nike,justru di saat Nike sudah pergi...trs ada pula yang ngefans Nike dari pertama Nike muncul....yah macam- macam lah sejarahnya suka sama Nike.yah pokoknya kalau ada yang mau berbagi bisa di kirim ke situs ini yah....sekarang kita simak aja dulu teman-teman yang sudah meluangkan waktunya untuk menulis dan mengirimkannya ke sini....yang lain segera menyusul yah...



[CHeRRy, Bali]


Hi gw Ceri,bagus jg idenya menurut gw jadi kita bisa berbagi cerita deh sesama fans Nike,gw asli orang Bali langsung aja yah thn 1989 gw baru masuk kelas 1 SD jadi kebayang deh begitu Nike mulai tenar n sampe akhir hayat gw masih SD alias bocah,gw suka lagu2 dia tapi gak pernah beli kasetnya cuma denger lewat radio n nonton di tv krn tiap hari Minggu n waktu itu masih ada cuma 1 stasiun tv TVRI sampe 1992 kira2 and tiap hari Minggu ada "album minggu" kadang diputar lagu-lagu Nike,and waktu itu nike memang jadi idola banget bagi hampir semua org ditempat gw and jg jd trendsetternya artis Indonesia,tapi gw dulu kecewa nike potong rambut pendek pertama kali,krn gw masih bocah gw suka liat cewek rambut panjang lebih oke,dulu wkt dia semasa hidup gw gak ada beli kaset dia sama sekali karena uang jajan aja masih minta ortu maklum masih SD n pas Nike meninggal gw dah kelas 1 SMP and gak tau kenapa gw sedih bgt and beli kasetnya dan begitulah seterusnya gw suka kumpul2in duit jajan gw biar bs beli kaset dia cuma gw gak pny album-album asli dia cuma yang setelah meninggal aja tapi gw seneng banget,karena keseringan diputar and kaset gw jd rusak semua n skrg gw suka koleksi lagu dia yg bentuk cd or vcd.

Rata-rata semua lagu Nike gw tau n hapal lyricnya,kalo artikel-artikel lain gw gak ada koleksiin cuma kadang-kadang print dan foto2 dia lewat situs ini aja,lumayan dibingkai n dipasang didinding kamar gw,tapi setiap ada tentang Nike sekarang di tv or tabloid gw selalu sempetin nonton n beli,pengen jg sih ke museum Nike krn gw ingin liat kamar dia ya mudah-mudahan suatu saat bs ke sana,n bisa ketemu fans-fans Nike yg lain,oh ya gw jg dah lama denger nama Marilyn Monroe pas SD juga pas ada lagunya dangdut kalo gak salah Jaja Miharja namanya yg ada nyebut,``marilyn monroe jg cantik tapi bagiku lebih cantik nyaiii``,lagu judulnya ``nyai`` deh kalo gak salah,cuman gw penasaran n belum tau secantik apa sih Marilyn Monroe itu n gw juga gak tau kalo Keke ternyata fans berat dia n gw baru tau n denger dr teman pas Nike meninggal denger-denger aja kalo nike suka Marilyn n belum tau wajah Marilyn n pertama kali gw liat rupa n wajah Marilyn July thn 2002 di tv yg ngebahas biografi n trs diputar film dia n pertama gw liat kok biasa aja Marilyn,kok Nike bisa sebegitu suka yah eh ternyata lama-lama gw jadi ikut-ikutan suka Marilyn juga karena gw dikasih hadiah sama temen 1 cd lagu Marilyn n dengan foto cover dia n gw jg lebih terobsesi bgt setelah liat kamar Nike ditayangan salah satu silet yg ngebahas Nike fans berat Marilyn gw liat ada banyak banget foto-foto Marilyn n Nike,akhirnya gw juga ikut pasang foto-foto Marilyn n Nike dikamar gw,tapi gw suka dua2nya sekarang nike n marilyn jadi artis favorite gw bgt,gw jg berusaha cari2 tentang Nike n Marilyn buku atau apapun ttg mereka cuma di Bali susah,film-film or buku Nike aja gak ada apalagi marilyn cuman gw seneng krn gw kalo ultah or minta oleh-oleh sama teman gw sekarang selalu yg ada berhubungan sama Marilyn or Nike karena gw jg punya teman tinggal di Jakarta,Nike memang cantik bgt n foto2nya semua rata-rata gw suka dgn gaya-gayanya. Bibirnya yg sensual marilyn jg begitu,ya sampe sekarang gw ngefans banget dua-duanya,Marilyn n Nike is my idol now n can be forever...sekian dulu thx


[TeDDy,Palembang]


ceritanya begini (kayak dongeng aje heee ) gw anak ke 7 dari 8 gw punya 5 kakak cewek dan 1 abang, yg semuanya suka ma keke dan diantara kakak ku itu ada 3 org yg maniak alias ngefans berat dg keke, yakni kakak ku yg nomor 4 lalu abang ku yg nomor 5 dan kakak ku yg nomor 6 (yg usianya sama dg keke krn dia lahir th 1976). Aku bilang mereka ngefans berat sama keke karena mereka selalu mengikuti perkembangan karir keke dari tahun ke tahun.

awalnya aku yg masih kelas 2 SD hanya sering mendengarkan lagu dari kamar kakak atau abang yg liriknya "malam malam aku sendiri tanpa cintamu lagi oooo" karena dalam sehari lagu itu sering bgt mengudara dirumah mau gak mau aku hapal juga dan akhirnya sering mendendangkannya, saat itu aku hanya tau lagunya aja dan belum mengenal siapa nama penyanyinya, mukanya gmn,(namanya jg msh SD jd kurang begitu kepengen tau) beberapa waktu setelah itu muncul lagu "api cintaku yg membara" dan lagu ini juga sering bgt terdengar di rumah bahkan abang dulu pernah membeli kasetnya(yg sekarang tuh kaset gak tau dimana rimbanya) dan dikamar abang dulu jg terpajang poster besar keke yg dia sandingkan dg poster iwan fals. saat lagu Nyalakan Api ngetop aku jg baru suka dan hapal sebatas liriknya doank, dan hari minggu di TVRI setelah acara musik ALBUM MINGGU ada acara yg menguak prestasi remaja Indonesia, dan diacara itulah dibahas ttg kemenangan Nike Ardilla di China dalam acara Asia Song Festival, beberapa video klip keke diputar dan dari acara itulah bisa dibilang AWAL AKU NAKSIR SAMA NIKE ARDILLA aku baru tau kalo yg nyanyiin lagu "malam malam aku sendiri" atau "api cintaku yg membara" adalah satu orang yg bernama Nike Ardilla dan dari situlah juga mataku mulai hapal dan terbiasa dg muka Nike Ardilla sejak dari itu aku mulai rajin tiap minggu nonton acara video klip lagu orang dewasa dg harapan bisa melihat artis pujaan kakak- kakakku dan entah kenapa aku juga mulai ngefens sama tuh penyanyi. Aku kagum sama Nike karena dia memiliki karakter vocal yg khas, bagus dan lagunya enak ngetop dan memiliki prestasi yg luar biasa jadi aku kagum sama keke dimulai karena prestasinya selain juga mukanya yg cantik sehingga sering muncul di layar kaca sbg bintang iklan dan sinetron.

Bukan cuma acara video musik di TV yg aku akrabi tapi juga beberapa ilkan, sinetron dan film yg diputer di TV sbb dulu begitu kakakku mau nonton film keke dibioskop aku gak pernah diajak mgkn krn usiaku yg terpaut jauh sama mereka. Dulu ada sinetron lepas yg berjudul Bunga Kampus, tayang di TVRI jam 11 malam sekitar th 1992 saat jamannya lagi sering kampanye partai politik, aku dan aemua kakakku menonton film tsb meski aku pesan ke kakakku "nanti kalo filmnya mulai bangunnin teddy yaa" krn aku sdh tidur saat itu tapi mereka menepati janji saat film mulai mereka membangunkan tubuh kecilku saat itu, dan menariknya lagi saat film itu diputar Nike ada disebuah hotel di Palembang guna mensukseskan kampanye partai GOLKAR yg besok sorenya diselenggarakan, krn kebetulan rumah kami deket dg stadion SRIWIJAYA tempat biasanya para pernyayi manggung, malam itu panitia panggungnya check sound dan mereka menyetel lagu keke yg berjudul MATAHARIKU sayup2 terdengar dikeheningan malam itu saat kami sekeluarga menonton akting keke di TV, namun sayang meskipun rumah kami deket dari tempet Nike show kami dilarang sama Ortu karena itu show terbuka dan dipenuhi org krn takut terjadi sesuatu kami hanya bisa mendengarkan suara asli keke yg terpantulkan oleh tiupan angin saat itu keke nyanyi lagu NYALAKAN API dg lirik sedikit diganti " Nyalakan GOLKAR kehidupan"

Kakakku diawal tahun 1995 berencana mau kirim surat ke keke, suratnya sudah dibuat bahkan telah diamplop dan ditulis alamatnya tapi karena kesibukan kuliahnya dan saat itu jg bulan puasa dan lebaran jadi tuh surat belom sempet dikirim, tiba tiba datang kabar dari berita di TV kalo keke telah pergi tuk selamanya, surat yg dibuat hanya mampu dipandangi dan terjadi suatu penyesalan kenapa surat itu gak dikirim bulan lalu?!
Sampai saat ini meski kakak kakaku masih ma\enyukai keke bahkan kalo mereka berkunjung ke rumah kami (krn mereka gak tinggal serumah lagi) mereka sering memberantaki kamarku dg alasan mencari koleksi film atau kaset ttg keke, bahkan saat kaset STAR OF LIFE baru beredar aku langsung menghubungi mereka supaya beli kaset itu dan ternyata mereka langsung beli, jadi kaset star of life ada kira2 4 keping yg dibeli oleh Teddy's bersaudara. THE END hee heee.....


[DaRReN ARDiLLa, bandung]


Gw ngefans ma Nike sejak tahun 1989 yaitu tahun dimana dia mengeluarkan album perdananya ,waktu itu umur gw masih 5 tahunan.
Gw pertama kali liat Nike ya di TVRI,waktu itu ada acara music,acaranya gw lupa namanya.Nah,pas selesai nonton video klip "Seberkas Sinar"...gw langsung keluar rumah,terus ketemu ma temen gw namanya Dadan and gw bilang ma si Dadan " Dan,ada penyanyi baru namanya aneh banget Nike Ardilla...lagunya "Seberkas Sinar" lo suka ga..?" and ternyata si Dadan suka juga. Nah...dari kesan pertama liat video klip, baca namanya and denger lagu itu lah gw suka Nike Ardilla.Pas album "Bintang Kehidupan" keluar,gw lebih suka lagi.Waktu itu gw kelas 3 SD, apalagi setelah itu dia jadi gadis sampul and main di film-film remaja yg jadi box office.Pokoknya pas gw kecil itu nama Nike Ardilla ada dimana-mana,sampai-sampai posetrnya ada di rumah gw.

Waktu itu gw dengerin lagu Nike Ardilla dari kasetnya tante gw,kebetulan tante gw suka juga sama Nike Ardilla.Tapi sekarang kasetnya sudah jadi milik gw,soalnya pas gw SMP...itu kaset gw curi (maling...Euy!).Pada waktu itu juga,tante gw sering beli kaset-kaset The Best,dan gw jadi merasa heran "koq disetiap lagu the best seller pasti lagu Nike Ardilla selalu adamlaha sampai ada yg satu album dengan Air Supply segala "...kata gw dalam hati.

Pas Nike Ardilla meninggal gw nangis,gw taunya dari tetangga gw...kebetulan kalo dulu di kampung kan ada MCK,waktu itu tetangga gw abis dari MCK sedangkan gw abis main terus dia ngomong bahwa Nike Ardilla meninggal dunia,terus terang gw kaget and gw ngomong ma dia,"ah itu mah gosip."Lalu dia ngomong, "nggak gw tahu nya dari sekilas info RCTI." Gw masih ga percaya,tapi jelang beberapa jam,semua tetangga gw ngomongin Nike Ardilla meninggal dunia.Nah pas gw nonton TV baru gw percaya.

Gw sangat menyesal atas kepergian Nike,soalna waktu itu sebelum meninggal dunia Nike Ardilla pernah shooting sinetron jalur putih di kampung gw dan temen-temen gw ketemu ma dia sedangkan gw cuma tidur aja jadi gw belum pernah liat Nike.
Sekarang Nike menjadi inspirasi gw n gw sangat kagum ma dia.Dari prestasi misalnya,semua album Nike laku dipasaran,gak satu pun albumnya ada yang gagal,terus banyak sekali penghargaan buat dia,dah gitu cuma Nike Ardilla yg bisa sukses dalam segala bidang seni.Dia sukses dari model, bintang film, penyanyi.
Dalam music albumnya laris manis penghargaan dimana-mana,dalam acting dia menghasilkanb film2 box office, sinetron yg banyak disukai,dan dia juga seorang model iklan, dan gadis sampul yg sukses.Nike Ardilla pun mampu mendirikan SLB dalam usia yang relatif muda.
Cuma Nike Ardilla lah yang bisa menjadi legenda di Indonesia,dia jadi sumber inspirasi gw,kutipan-kutipan dari kata2 Nike Ardilla aja gw jadi in filosofi buat menapak karir dan kehidupan gw selanjutnya.............


 

[GaLeRRY][GaLeRRY][GaLeRRY][GaLeRRY][GaLeRRY][GaLeRRY][GaLeRRY]














[ARTiKeL SeLaNJuTNYa]

Apa yah....ya pokoknya yang mau berbagi cerita atau ada artikel tentang Nike dikirim aja ke putra_mistis@plasa.com.Thanks...........


[Cu2P SuPRiaTNa...Euy!!]



Foto / Image pendukung, mungkin tidak sepenuhnya ada; - karena faktor alam

< < < kembali...

Since 1998- nikeardilla.net