Halaman ini adalah mirror artikel yang pernah ada pada situs NikeArdilla (dot)net.


Seberkas Sinar NA
13 April 2005




Ia muda,serba bisa,penyantun,digemari.Takdir pun menyempurnakan sang "Bintang Kehidupan".Publik berduka.Kasetnya laku keras.



Kepergian Keke memang terasa menyentakan dan mengagetkan.Maklum,pengagum berat Marilyn Monroe itu meninggal saat ia berada di tengah perjalanan menuju puncak popularitas dan prestasi sebagai penyayi,model,dan bintang film-sinetron-iklan.

"Saya tak punya firasat apa apa.Tapi sehari sebelum kecelakaan,saya sudah mengingatkan Nike agar tidak membawa mobilnya ke Bandung,karena jalannya tidak stabil," ungkap Rani Noor,penyanyi dan salah seorang sahabat Nike,yang mengaku sempat memakai Honda Civic Genio berwarna biru metalik yang membawa nahas itu,sampai sabtu dini hari,sebelum akhirnya dibawa juga oleh Nike ke Bandung.

Lahir di Bandung,27 Desember 1975,anak bungsu pasangan Raden Eddy Kusnadi dan Ning Sirat itu diberi nama lengkap Raden Rara Nike Ratnadilla.
Ia memulai kariernya sejak berusia sembilan tahun,dan menjadi juara Harapan I lomba menyanyi tingkay Kota Madya Bandung.

Bakatnya mulai berkilat setelah Denny Sabri,yang dikenal sebagai penemu bakat baru,merekrutnya dalam trio "Denny's Angels" bersama Cut Irna dan Lady Avisha pada tahun 1987.Saat itu,Keke memakai nama panggung "Nike Astrina", yang merujuk pada nama Nicky Astria,penyayi Bandung yang ketika itu tengah meratui blantika music Rock.
Meski namanya belum berkibar,sutradara beken Slamet Rahardjo mengajak Keke bermain dalam Filmnya Kasmaran (1987)

Dua tahun kemudian,Keke melepas album solo perdananya,Seberkas Sinar,yang ditulis oleh Deddy Dores,sukses di pasaran.

Suara Keke yang pipih,mendayu,dan menghiba,rupanya klop benar dengan selera pasar."Padahal,terus terang saja...timbre vocal Nike yang sesungguhnya sangat dahsyat.Sayangnya,ia belum sempat memaksimalkan kelebihan itu pada lagu lagunya," kata Katon "KLA" Bagaskara.

Tahun 1990 agaknya merupakan tahun keemasan bagi penggemar warna cokelat dan hitam itu.Selain menelurkan hit Bintang Kehidupan dan terjual 400 ribu keping dan mengantarkan BASF Award pertama ke pangkuannya.Keke pun mulai melangkah ke dunia model.Paras manis dan sikap supel yang dimilikinya menyebabkan ia terpilih sebagai "Favorit Gadis Sampul 1990",versi majalah Gadis

Popularitas ternyata tak membuat kepekaan sosial Keke padam.Tahun itu juga,ia mendirikan Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara bagi anak anak cacat di Jalan Soekarno-Hatta,Bandung.Di yayasan yang kini menampung 80-an anak itu,Keke menjabat sebagai penyandang dana sekaligus Sekretaris Yayasan.
Media massa kemudian menetapkannya sebagai "Bintang 1990".
Untuk semua itu,ia harus mengorbankan sekolahnya.Jenjang SLA hanya dilaluinya selama satu semester,di SMA BPI I Bandung.

Tokh langkahnya di dunia seni kian tak terbendung.Setelah merebut BASF Awards kedua untuk album Nyalakan Api,dan penghargaan sebagai pendatang baru terbaik pada Asia Song Festival di Shanghai(1991).
Keke membuat sejumlah film bertema remaja,seperti Nakalnya Anak Muda,Gadis Foto Model,danOlga.Dunia sinetron juga dirambahnya.Antara lain ia bermain dalam Trauma Marissa dan Warisan

Namun,bak kata pepatah,"Semakin tinggi pohon,semakin kencang angin bertiup", begitulah kehidupan Keke akhir akhir ini.Berbagai suara sumbang menyangkut alkohol,obat terlarang,dan lesbianisme datang menerpanya silih berganti.

Tapi Keke,yang pernah bercita cita ingin maendirikan madrasah dan menunaikan ibadah umrah,tetap tegar."Saya ingin membuktikan bahwa saya masih bisa berkarya," katanya dengan mata berkaca kaca kepada GATRA,pada acara Anugrah HDX,Januari lalu.Ketika itu lagunya yang berjudul Biarkan Cintamu Berlalu berhasil meraih penghargaan Golden Cassette untuk penjualan diatas 250 ribu keping.

Kini.....sepekan setelah kepergiannya*sepekan zaman baheula*,penjualan kaset kasetnya yang terangkum dalam delapan album melonjak tajam!! Di negeri Jiran,malaysia,masyarakat di sana pun ikut berduka cita.Dan Kamis lalu *Kamis zaman Madangkara*,di sana,Nike mendapatkan penghargaan sebagai penyanyi asing terbaik kedua untuk lagunya,Duri Terlindung.Hetty Koes Endang dengan Hadirlah Kasih meraih predikat tertinggi.
Di malam pemberian anugrah yang penuh haru saat dipanjatkan doa bersama untuk Keke,kepada hadirin...Hetty Koes Endang menyatakan,"Kemenangan saya adalah kemenangan buat Nike".
Selamat jalan,Keke


sumber: GATRA taon jebot , pic nya nyolong koleksi si Ndu.

Artikel akan datang*Versi Cucup*: Judulnya " NIKE ARDILLA KORBAN KEHIDUPAN MALAM" disana Nike berkata
:"Gue nggak Munafik"....

-- CuPs--


Foto / Image pendukung, mungkin tidak sepenuhnya ada; - karena faktor alam

< < < kembali...

Since 1998- nikeardilla.net