Halaman ini adalah mirror artikel yang pernah ada pada situs NikeArdilla (dot)net.


Selingan 1
05 Maret 2005




Ariel vokalis Peterpan mendadak menikah dengan Sarah Amelia,seorang pemuja sang bintang.Dan dari panggung musik Indonesia yang tengah bangkit,orang tak lagi berbicara tentang fans yang memburu tanda tangan atau mengoleksi produk rekaman.Orang berbicara tentang groupies,fans yang mengambil jalan nekad dengan cara menguntit,meniru,bahkan masuk ke dalam kehidupan paling pribadi pujaannya.
Groupies sudah sekian tingkat lebih ekstrem ketimbang sekadar menjadi fans.Tren baru ini sudah hadir di tengah kita,walau pun aksi mereka masih sulit dibedakan dengan fans.

Kita pasti mengenal Nike Ardilla,penyanyi pop idola remaja yang tewas dalam kecalakaan mobil pada tahun 1995.Sudah sepuluh tahun ia wafat,tapi setiap hari ada saja pemujanya yang berziarah ke makamnya di desa Imbanagara,30 kilometer dari Ciamis,Jawa Barat.
Nike Adilla Fans Club menggaji (yg bener?) seorang juru kunci khusus untuk menjaga makam penyanyi yang tenar di tahun 1990 an itu.Mang Adung,juru kunci yang berusia 54 tahun itu bercerita bahwa kefanatikan fans tak aus oleh waktu."Ada penggemar yang sampai tak mau pulang.Seorang calon ibu pernah berdoa mengharapkan anak yang dikandungnya seperti Nike."Cerita Mang Adung.




Menjadi Fans,kata David Allyn,PhD,psikolog,seksolog,dan penulis buku "Make Love Not War","adalah sebentuk komitmen atau kontak bathin terhadap sebuah kesenangan."Dengan komitmen personalnya,seorang penggemar bisa saja meniru habis dandanan Nike Ardilla dan mencocok cocokan suaranya.
Seorang Slanker misalnya,dipastikan akan memilih dan mengenakan kaus ketat dan menguruskan badan agar mirip dengan Bimbim,penngebuk drum group itu.Begitu juga dengan penggemar artis artis lainnya.

Berbagai merchandise diborong.Kaset,VCD,CD,dan DVD dikoleksi.Setiap ucapan dan naihat dari sang idola selalu diingat dan diikuti.
Fenomena fans berkembang.Ada yang memburu pujaan mereka kemana pun mereka pergi,bahkan menawarkan seks kepada idolanya (gila!!mau donk jd idola!!).Mereka inilah yang di INggris dan Amerika dikenal sebagai groupies."wabah"itu menjalar ke Indonesia.Sejumlah penyanyi dan personel group band mengaku pernah diajak menikah oleh penggemarnya.

Sebutan fans atau groupies tak terlalu penting bagi Mang Adung,juru kunci makam Almarhumah Nike Ardilla tadi.Yang penting baginya,makam itu harus bersih setiap hari,bunga melati tersedia cukup,dan dia mendapat uang sedekah dari fans atau groupies atau apa pun yang pantas untuk para pemuja itu.



-CuPs & Indu-


Foto / Image pendukung, mungkin tidak sepenuhnya ada; - karena faktor alam

< < < kembali...

Since 1998- nikeardilla.net